Cegah DBD, Kadinkes Tanjab Barat Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

KUALA TUNGKAL – Musim Pancaroba masyarakat diminta waspada terhadap Demam Berdarah Dengue (DBD), dengan melakukan langkah pencegahan menjaga kebersihan Lingkungan.

Sebab di Bulan November dan Desember 2023 lalu kasus Demam Berdarah Dengue menurut data yang diterima Dinas Kesehatan Tanjung Jabung Barat ada peningkatan.

Kepala Dinas Kesehatan Tanjung Jabung Barat H Zaharuddin, SKM mengatakan saat pancaroba kasus DBD cenderung mengalami peningkatan.

“Bulan November dan Desember memang ada peningkatan kasus DBD itu saat pancaroba terutama daerah kita yang mengalami pasang surut,” ungkap Kadinkes, Kamis (11/1/24).

Sebagai langkah pencegahan H Zaharuddin mengajak kepada masyarakat Tanjung Jabung Barat untuk melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

“Pemberantasan sarang nyamuk ini sangat penting dalam mencegah DBD. Seperti dengan Menguras Bak Mandi, menutup tempat penampungan Air, Mengubur barang bekas supaya tidak menjadi tempat berkembang biaknya jentik nyamuk,” katanya.

Masyarakat perlu tahu jika untuk mencegah DBD ini tidak cukup dengan fogging. Fogging hanya membunuh Nyamuk dewasa bukan jentik.

“Biasanya masyarakat minta fogging. Kalau pengasapan ini hanya untuk membunuh nyamuk Dewasa. Lagi pula untuk pengasapan dilakukan sesuai dengan juknis Kemenkes nya jika terjadi kasus DBD dan dilakukan fogging di radius sekitar,” jelasnya.

Maka dari itu tambah H Zaharuddin paling penting adalah memberantas sarang nyamuk dengan secara bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan masing-masing.

“Mari kita budayakan hidup bersih dengan menjaga kebersihan lingkungan. Beri bubuk abate pada Bak Air yang bisa didapatkan di Puskesmas secara gratis,” ajaknya.(Bas)

The post Cegah DBD, Kadinkes Tanjab Barat Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan appeared first on LINTASTUNGKAL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *